Bakteri Pemakan Kafein

Unik ! Bakteri ini minum kopi ! Jika sebelumnya bakteri hanya hinggap di tubuh mayat, lupakan itu semua ternyata ada hal unik lainnya tentang Bakteri. Bakteri ini suka sekali memakan kafein yang biasa ada di kopi. Tetapi, bakteri ini di bantu 3 enzim lainnya untuk membantu proses degradasinya. Bagaimanakah proses pendregadasiannya ? Penasaran ?

Seorang mahasiswa doktoral di Universitas Iowa telah berhasil menemukan bakteri yang bisa mendegradasi kafein. Minggu lalu, ia mempresentasikan penemuannya di acara 111th General Meeting of the American Society for Microbiology di New Orleans, AS.

Summers mengatakan, "Kami telah mengisolasi bakteri pendegradasi kafein, Pseudomonas putida CBB5, yang bisa mengubah kafein menjadi CO2 dan ammonia." Bakteri itu bisa hidup dalam lingkungan dengan kadar kafein 2,5 gram/liter, yang bagi banyak bakteri sudah tergolong toksik.

 Pendegradasian


Dengan mendegradasi kafein yang terdiri atas unsur karbon, oksigen, nitrogen dan hidrogen, Pseudomonas putida CBB5 bakteri yang doyan makan kopi ini, mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk hidupnya. Menurut Summers, proses degradasi ini sendiri dibantu oleh 3 macam enzim yang dimiliki bakteri itu.

Dengan kemampuan mendegradasi kafein, bukan tak mungkin bakteri ini juga doyan meminum kopi. Secangkir kopi diketahui rata-rata mengandung 0,8 gram/liter kafein. Pastinya, si bakteri takkan meminum kopi untuk menemani begadang menonton bola.
 
 Pseudomonas putida CBB5
Menemukan Pseudomonas putida CBB5, Summers mengaku tak terkejut. Sebabnya, kafein sebenarnya juga berkaitan dengan limbah cair rumah tangga dan limbah industri. Tapi, Summers belum mengetahui alasan mengapa ada bakteri yang berevolusi tumbuh di lingkungan dengan kafein.

Semoga bakteri Pseudomonas putida CBB5 Bakteri peminum kopi ini bisa bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia di kedepannya. Karena tak jarang bakteri biasanya merugikan.


** Semoga Bermanfaat & Maju Terus Indonesia Ku **

Newer Post Older Post

Leave a Reply

Jika Ada Masukan , Tangapan , Koreksi Silahkan Tinggalkan Komentar di Bawah Ini ...
Terimakasih dan Mari Sama-sama Belajar
FOLLOW ME Terimakasih Dan Salam Kenal

Note: only a member of this blog may post a comment.

........
Bakato Urang Bagak, sagilo-gilo urang lalok labiah gilo urang code sambia lalok
........