Indonesia Negara Megabiodiversitas.

Negeri kita hanya mencakup 1,3% dari total daratan dunia. Namun demikian, negeri kita memiliki kekeayaan hayati yang sangat besar. Indonesia memiliki 10% jenis tumbuhan berbunga dari total keseluruhan tumbuhan berbunga yang ada di dunia, 12% jenis mamalia dunia, 16% reptile dan amfibi dunia, sekitar 17% jenis burung di dunia, serta 25% lebih jenis ikan dunia.
Tak kenal maka tak saying. Itulah yang dikatakan oleh pepatah. Begitu pula dengan Negara kita. Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, sudah semestinya kita merasa sayang dan bangga akan tanah air kita. Mengapa?
Karena Negara kita sangat kaya akan keanekaragaman mahluk hidup atau keanekaragaman hayati . Tidak salah jika dunia menjuluki Negara kita sebagai “MEGABIODIVERSITY COUNTRY” atau “NEGARA MEGABIODIVERSITAS”.
Indonesia terletak di 6o LU-11o LS dan 95o BT- 141o BT. Itu artinya Indonesia berada di daerah iklim tropis dan dilewati oleh garis khatulistiwa. Selain itu, Indonesia terletak di antara benua asia dan Australia. Indonesia juga merupakan tempat pertemuan dua rangkaian pegunungan muda, yaitu sirkum pasifik dan sirkum mediterania.
Pengaruh dari letak geografis tersebut, membuat Indonesia dikenal sebagai salah satu Negara yang memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia.
Kekayaan kehati Indonesia yang terkenal tersebut, belum termasuk keanekaragaman arthropoda terutama serangga yang masih belum banyak diketahui di pedalaman Papua, Sulawesi, Kalimantan, serta pulau-pulau kecil lainnya.
Kekayaan hayati yang dimiliki Indonesia, banyak diantaranya yang merupakan spesies endemik. Artinya, kekayaan itu hanya kamu temukan di Indonesia dan tidak terdapat di tempat lain di dunia.
Oleh karena itu, perlu kamu ketahui bahwa beberapa pusat keanekaragaman hayati di Indonesia sudah dikategorikan sebagai daerah warisan dunia yang tidak bisa diganggu gugat untuk kepentingan apapun.
Predikat itu tentu saja memberikan tanggung jawab yang sangat besar bagi kita untuk tetap menjaga keanekaragaman hayati Indonesia.
** Semoga Bermanfaat & Maju Terus Indonesia Ku **


Sumber Asli

Newer Post Older Post

Leave a Reply

Jika Ada Masukan , Tangapan , Koreksi Silahkan Tinggalkan Komentar di Bawah Ini ...
Terimakasih dan Mari Sama-sama Belajar
FOLLOW ME Terimakasih Dan Salam Kenal

Note: only a member of this blog may post a comment.

........
Bakato Urang Bagak, sagilo-gilo urang lalok labiah gilo urang code sambia lalok
........