Variabel String pada PHP

   بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِي

Sebuah cerita pasti selalu ada sambungannya begitu juga denga ini ,..wep.. untuk menyambung /melanjutkan tentang Variabel pada PHP , sekarang ada temannya yaitu Variabel string ,biasanya Variabel string digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi sebuah teks atau karakter.

String tersebut dapat digunakan langsung dalam sebuah pengkodean atau disimpan dalam variabel string. sepertii contoh :

<?php

// String disimpan dalam Variabel String
$hola="Santai Terkulai";
echo $hola;

//String ditulis langsung
echo "<br><h1>Santai Terkulai";

?>

Untuk mengabungkan atau menempatkan  dua buah Variabel String secara bersama-sama biasa digunakan Operator concatenation  berupa titik (.)

Mari kita lihat sebuah contoh variabel string mengunakan operator concatenation berikut ini :
<?php

// 2 buah Variabel String
$hola = "Janga Lupa!";
$holi = "Poke Me!";

//Output gabungan 2 buah variabel String
echo $hola."".$holi;

?>

Oh.. ya.. ni.. ada..Beberapa fungsi String , cuma 4 sih tapi cukuplah untuk di bilang beberapa :) :

1.Fungsi strlen()
   Fungsi ini biasa digunakan untuk menghitung jumlah karakter pada sebuah string atau panjang sebuah string. contoh:
<?php
echo strlen("Hii Hidup PHP!"); // Out Menjadi 14
?> 

2.Fungsi strpos()
   Fungsi ini biasa digunakan untuk mencari sebuah karakter / Tesk dalam sebuah string.
contoh :
 <?php
echo strpos("saya suka kamu!","kamu"); // Maka Kamu akan ditemukan pada karakter ke 10 /karna hurus S pada Saya di hitung mulai dari  0
?>

3.Fungsi strtolower()
   Fungsi ini biasa digunakan untuk merubah sebuah karakter menjadi huruf kecil.
contoh :
<?php
echo strtolower("SAYA sUkA KamU");// Semua Karakter Huruf Besar akan diubah menjadi huruf Kecil
?>
4.Fungsi strtoupper ()
   Fungsi ini biasa digunakan untuk merubah sebuah karakter menjadi huruf besar.
contoh :
<?php
echo strtoupper("saya sUkA KamU");// Semua Karakter Huruf Kecil akan diubah menjadi huruf Besar
?>


Masih Banyak lagi Fungsi String yang lain , Jika mau lebih tau lebih banyak silahkan ke SINI


Note :
1.Jangan lupa Latihan yang rajin jangan seperti Ane ya Gan .. :)) (Banyak cari Referensi baik Buku atau pun searching di Internet ), & jangan lupa bagi-bagi ke ane ya Gan : HEHE ....
2.Mari Belajar Bersama.

Bersambung !!!

Newer Post Older Post

Leave a Reply

Jika Ada Masukan , Tangapan , Koreksi Silahkan Tinggalkan Komentar di Bawah Ini ...
Terimakasih dan Mari Sama-sama Belajar
FOLLOW ME Terimakasih Dan Salam Kenal

Note: only a member of this blog may post a comment.

........
Bakato Urang Bagak, sagilo-gilo urang lalok labiah gilo urang code sambia lalok
........