Array di PHP

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِي


Array adalah tipe variabel spesial / khusus,karena dengan array kita dapat mengakses atau memyimpan sekumpulan nilai dengan menggunakan  variabel tunggal atau satu nama varibel.

Mekanisme pengaksesan ini diatur dalam bentuk pemetaan ('mapping') dari sekumpulan nilai ('values') ke sekumpulan kunci ('keys') atau indeks.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari contoh berikut ini :
Jika kita mempunyai data 4 buah merek Laptop yang disimpan dalam variabel tunggal maka dapat dilihat seperti ini :

<?php

    $laptop1 ="Dell";

    $laptop2 ="Apple";

    $laptop3 ="Axio";

    $laptop4 ="Acer";

//Untuk Proses Inputnya kita harus melakukan seperti ini :

            echo"<br>Laptop 1 adalah : $laptop1";

            echo"<br>Laptop 2 adalah : $laptop2";

            echo"<br>Laptop 3 adalah : $laptop3";

            echo"<br>Laptop 4 adalah : $laptop4";


?>

Ini mungkin tak masalah jika data nya hanya 4 atau sedikit bagaimana jika jumlah datanya cukup banyak atau lebih dari 100 data mungkin , betapa banyaknya data output yang harus kita ketik , boros tenaga bos :).Dan bagaimana kalau kita ingin melakan looping.
Oleh karena itu Array dapat menjadi solusi di balik itu semua, untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari contoh berikut :

<?php

    $laptop [0] ="Dell";

    $laptop [1]="Apple";

    $laptop [2]="Axio";

    $laptop [3]="Acer";

//Untuk Proses Inputnya kita harus melakukan seperti ini :

            for ($f=0;$f<=3;$f++)
       
    {echo"<br>$laptop[$f] adalah: $laptop[$f]";}

?>
 Oh ya .. saya dulu sebelum membuat catatan ini yaitu masih membaca-baca beberapa tuorial tentang Array ,saya berangapan karna melihat sebuah contoh Arrray seperti ini $laptop [0] dan $laptop [1]  dengan $laptop0 dan  $laptop1 .Saya mengangap klaw  $laptop [0] adalah sebuah variabel tunggal berarti  $laptop0 juga sebuah variabel tunggal karena sama-sama mempunyai nilai 0 di akhir variabel , saya berpikir sejenak berarti apa spesialnya array klw sebenarnya sama saja dengan variabel biasa yaitu sama-sama sebuah nilai pengingkutnya misal dari 0,1,2,3,4,5,dst.

Tapi ... ada tapunya ni sob , stelah saya baca lagi dan baca lagi dan mencoba memahami lalu diiringi dengan beberapa percobaan maka sadarlah saya bahwa mereka memanglah berbeda , saya sadar bahwa variabel  $laptop0 dan  $laptop1 tidaklah sebuah variabel tunggal tapi mereka adalah dua buah variabel yang berbeda yang membuat berbeda adalah nilai angka yang mengikut di belakangnya, di situ pembedanya kawan, sedangkan pada  variabel $laptop [0] dan  $laptop [1] keduanya memang dua buah variabel tunggal atau sama, nilai   [0] atau pun  [1]  adalah  kunci yang membuat Array itu bekerja ... ya seperti itulah analisa saya sob , ('Mantap')

Jika ada koreksi, tanggapan, masukan dari catatan saya di atas ini silakan komeng di bawah Gan :)

Di dalam PHP ada 3 jenis Array yaitu :


Note :
1.Jangan lupa Latihan yang rajin jangan seperti Ane ya Gan .. :)) (Banyak cari Referensi baik Buku atau pun searching di Internet ), & jangan lupa bagi-bagi ke ane ya Gan : HEHE ....
2.Mari Belajar Bersama.
3.Sekian Dulu Catatan Saya Hari ini ("Banyak Mendengar Banyak Mengetaui ,Banyak Mencatat Banyak Mengingat")

Bersambung !!!

Newer Post Older Post

Leave a Reply

Jika Ada Masukan , Tangapan , Koreksi Silahkan Tinggalkan Komentar di Bawah Ini ...
Terimakasih dan Mari Sama-sama Belajar
FOLLOW ME Terimakasih Dan Salam Kenal

Note: only a member of this blog may post a comment.